Tips Mempercepat Loading Blog WordPress

Dewa Naga

Tips Mempercepat Loading Blog WordPress

Tips Mempercepat Loading Blog WordPress – Jangan remehkan loading blog anda, karena jika blog anda sangat lambat bukan tidak mungkin pengunjung akan kabur dari blog anda, maka dari itu cobalah tips-tips di bawah ini untuk Mempercepat Loading Blog WordPress anda :

1. Install Plugin WordPress W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin WordPress yang berfungsi untuk Mempercepat Loading Blog WordPress tanpa harus bersusah payah menambah atau mengedit kode template blog anda. Dengan segala fasilitas yang diberikan oleh W3 Total Cache blog anda akan terlihat lebih ringan dan elegan. Bandwidth yang diperlukan untuk membuka blog anda pun tidak terlalu banyak. Klik di sini untuk mendownload plugin W3 Total Cache. Sedangkan untuk settingan dari plugin W3 Total Cache, silahkan ikuti settingan di bawah ini :
– Page Cache (Enable)
– Minify (Enable Manual)
– Database Cache (Enable)
– Object Cache (Enable)
– Browser Cache (Enable)
– Sisanya (Disable)

Install Plugin WordPress W3 Total Cache

2. Periksa Kecepatan Blog Di GTmetrix

GTmetrix adalah tempat di mana anda bisa memeriksa kecepatan blog anda, kemudian GTmetrix akan memberikan sebuah nilai dengan range A hingga F kepada blog anda, itu semua tergantung seberapa cepat blog anda tersebut dapat dibuka. Blog yang memiliki nilai A adalah blog yang ringan dan mudah dibuka, karena sejatinya nilai A adalah nilai paling baik yang diberikan oleh GTmetrix. Sedangkan untuk blog yang memiliki nilai F adalah blog yang berat dan susah dibuka, karena sejatinya nilai F adalah nilai paling jelek yang diberikan oleh GTmetrix. Selain memberikan sebuah nilai GTmetrix juga memberikan solusi-solusi berdasarkan masalah-masalah yang membuat blog anda lemot. Sehingga dengan demikian, solusi-solusi yang ditawarkan bisa anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan blog anda. Klik di sini untuk mengunjungi halaman utama GTmetrix.

Periksa Kecepetan Blog Di GTmetrix

3. Kompress CSS Lewat CSS Compressor

CSS Compressor adalah tempat yang bisa anda gunakan untuk mengkompres CSS template dari blog anda. Biasanya CSS dari template blog WordPress berada di menu Appearance > Editor > style.css. Klik di sini untuk mengunjungi halaman utama CSS Compressor.

Kompress CSS Lewat CSS Compressor

4. Edit File .htaccess Pada Cpanel

File .htaccess adalah file konfigurasi yang disediakan oleh web server Apache (Cpanel/Spanel) yang digunakan untuk mengubah pengaturan default dari Apache. Klik di sini untuk membaca artikel Cara Mempercepat Loading Blog Lewat Cpanel.

Edit File .htaccess Pada Cpanel

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress ini memiliki beberapa efek negatif yaitu dapat merusak tampilan blog anda apabila template yang anda gunakan tidak support (tidak mendukung) dan membuat blog anda terlihat seperti blog statis, oleh sebab itu sebelum mencoba cara ini lebih baik backup dahulu blog anda untuk berjaga-jaga.

Ketikkan email anda pada kotak di bawah ini untuk berlangganan artikel :

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You might also likeclose