Pengertian Dan Contoh Context Diagram (CD)

Pengertian Dan Contoh Context Diagram (CD)


Pengertian Dan Contoh Context Diagram (CD) – Di bawah ini adalah Pengertian Dan Contoh Context Diagram (CD) :

Pengertian Context Diagram (CD)

Context Diagram (CD) atau sering disebut dengan Context Diagram (CD)/Data Flow Diagram (DFD) Level 0 adalah diagram yang terdiri dari suatu proses dan menggambarkan ruang lingkup suatu sistem. Context Diagram (CD) merupakan level tertinggi dari Data Flow Diagram (DFD) yang menggambarkan seluruh input ke sistem atau output dari sistem. Context Diagram (CD) akan memberi gambaran tentang keseluruan sistem, sehingga sistem yang ada dibatasi oleh pembatas (boundary) yang dapat digambarkan dengan garis putus-putus. Dalam Context Diagram (CD) hanya ada satu proses dan tidak boleh ada data store.

Contoh Context Diagram (CD)

Di bawah ini adalah Contoh Context Diagram (CD) pada “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Pemilihan Domain Menggunakan Metode Analytics Hierarchy Process Berbasis Web” :

Contoh Context Diagram (CD)

Lingkaran melambangkan sebuah proses/sistem, sedangkan persegi melambangkan entitas/orang. Perlu diketahui bahwa pada Context Diagram (CD) hanya boleh ada 1 proses/sistem, tetapi untuk entitas/orang boleh lebih dari 1 dan itu disesuaikan dengan kebutuhan sistem yang akan dibuat. Tanda panah sendiri melambangkan aliran data yang menghubungkan proses/sistem dengan entitas/orang. Aliran data bisa ditulis dengan data/informasi yang dihasilkan/dibutuhkan oleh sistem, sehingga mempermudah pembuatan sistem.

Untuk membuat Context Diagram (CD), anda bisa menggunakan Process Analyst yang ada di software Power Designer 6 Portable. Silahkan klik di sini untuk mendownload Power Designer 6 Portable. Untuk membuka Process Analyst, silahkan jalankan file bernama pdpa6.exe pada Power Designer 6 Portable.

Ketikkan email anda pada kotak di bawah ini untuk berlangganan artikel :

Incoming search terms:

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*