Pengertian Analytic Hierarchy Process (AHP)

Pengertian Analytic Hierarchy Process (AHP)

Pengertian Analytic Hierarchy Process (AHP) – Sebelum anda mengetahui Pengertian Analytic Hierarchy Process (AHP) alangkah baiknya jika anda mengetahui Struktur Hirarki Analytic Hierarchy Process (AHP) terlebih dahulu :

Struktur Hirarki Analytic Hierarchy Process (AHP)

Hirarki adalah alat mendasar dari pikiran manusia. Penyusunan hirarki dilakukan untuk menggambarkan dan menguraikan segala bentuk permasalahan ke dalam unsur-unsur atau elemen pokok yang kemudian dibagi menjadi bagian-bagian lagi. Dalam hirarki, elemen-elemen suatu permasalahan diidentifikasikan, kemudian dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok yang homogen dan ditata dalam bentuk hirarkis.


Struktur Hirarki Analytic Hierarchy Process (AHP)

Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa :

  • Level 1 melambangkan tujuan umum yang ingin dicapai.
  • Level 2 melambangkan faktor-faktor atau kriteria-kriteria yang berpengaruh untuk mencapai tujuan, karena banyaknya faktor yang terlibat tergantung dari permasalahan.
  • Level 3 melambangkan alternatif-alternatif tujuan yang akan dievaluasi melalui kriteria yang ada pada Level 2 (pada level ini jumlahnya tidak dibatasi).
  • Garis-garis yang menghubungkan kotak-kotak antar level merupakan hubungan yang perlu diukur dengan perbandingan berpasangan kearah level yang lebih tinggi.

Pengertian Analytic Hierarchy Process (AHP)

Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah metode untuk memecahkan suatu situasi yang komplek tidak terstruktur ke dalam beberapa komponen dalam susunan yang hirarki dengan memberi nilai subjektif tentang pentingnya setiap variabel secara relatif dan menetapkan variabel mana yang memiliki prioritas paling tinggi guna mempengaruhi hasil pada situasi tersebut.

Proses pengambilan keputusan pada dasarnya adalah memilih suatu alternatif yang terbaik. Seperti melakukan penstrukturan persoalan, penentuan alternatif-alternatif, penenetapan nilai kemungkinan untuk variabel random, persyaratan preferensi terhadap waktu dan spesifikasi atas resiko. Berapapun melebarnya alternatif yang dapat ditetapkan maupun terperincinya penjajagan nilai kemungkinan, keterbatasan yang tetap terjaga adalah dasar pembandingan berbentuk suatu kriteria yang tunggal. Peralatan utama Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah memiliki sebuah hirarki fungsional dengan persepsi manusia sebagai input utamanya. Dengan adanya hirarki, maka suatu masalah kompleks dan tidak terstruktur dapat dipecah ke dalam kelompok-kelompok yang kemudian diatur menjadi suatu bentuk hirarki.

Ketikkan email anda pada kotak di bawah ini untuk berlangganan artikel :

Incoming search terms:

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You might also likeclose